Tentang Layanan Laboratorium

1. PATOLOGI KLINIK

Pelayanan laboratorium klinik di Rumah Sakit “JIH” merupakan pelayanan yang terintegrasi dengan semua pelayanan dirumah sakit, yang berfungsi untuk mendeteksi adanya penyakit atau kelainan , menentukan faktor risiko penyakit, memantau perkembangan penyakit dan monitor terapi.

Layanan laboratorium Rumah Sakit “JIH” melayani permintaan pemeriksaan laboratorium

a. Semua pasien dari poliklinik dan bangsal yang ada di Rumah Sakit “JIH”. Ini sangat membantu mempermudah pasien di Rumah Sakit “JIH” karena hasil lebih cepat dan dapat ditunggu, sehingga pasien tidak perlu bolak balik untuk mendaftar ke dokter kembali, hasil dapat langsung dikonsultasikan ke dokter .

b. Rumah sakit sekitar dan di luar Yogyakarta

c. Laboratorium mandiri di sekitar dan di luar Yogyakarta

d. Institusi yang membutuhkan pelayanan laboratorium

Laboratorium Rumah Sakit “JIH” melayani 24 jam termasuk hari libur, untuk pasien yang akan periksa di laboratorium RS”JIH” pukul 07.00 – 21.00 WIB dapat langsung mendaftar di admisi laboratorium yang berada di Lobby Timur Gedung Baru, sedangkan untuk pasien yang akan periksa laboratorium diatas pukul 21.00 – 07.00 WIB. dapat dilakukan di Ruang Emergency. Laboratorium di RS “JIH” siap melayani anda dengan alat-alat canggih dan modern.

Layanan laboratorium Rumah Sakit “JIH” meliputi :

A. Layanan Hematologi

- Pemeriksaan Darah Rutin* (hemoglobin, jumlah eritrosit, jumlah leukosit, hematrokit, jumlah Trombosit, MCV, MCH, MCHC)

- Darah lengkap* (Darah Rutin + Hitung Jenis Leukosit )

- Laju Endap darah*

- Eosinofil Absolut*

- Golongan Darah + Rhesus *

- Coomb Test direk + indirek*

- Retikulosit**

- Gambaran Darah Tepi**

- dll

Waktu hasil pemeriksaan ( Turn Arround Time )

* Dengan janji hasil sekitar 30- 60 menit, sejak diambil darahnya.

B. Layanan kimia klinik

Layanan Kimia klinik di Rumah sakit “JIH” melalui proses kimia didukung dengan alat yang canggih dan modern sehingga hasil lebih cepat dan dapat ditunggu, standar janji hasil untuk pemeriksaan berikut adalah sekitar 90 menit dari pengambilan sampel darah Pemeriksaan kimia klinik ini dapat digunakan untuk mengetahui :

a. Fungsi Hati

- SGOT

- SGPT

- Bilirubin Total

- Bilirubin Direk

- Protein Total

- Alkali Fosfatase

- Gamma GT

- Dll

b. Fungsi Ginjal

- Ureum

- Kreatinin

- Asam Urat

c. Profil lemak

- Kolesterol Total

- Kolesterol HDL

- Kolesterol LDL

- Trigliserida

- Dll

Untuk pemeriksaaan profil lemak sebaiknya pasien puasa terlebih dahulu 10 – 12 jam sebelum melakukan pemeriksaan tersebut. Pasien hanya diperbolehkan minum air putih

d. Glukosa Darah

- Glukosa Puasa

Persyaratan pemeriksaan ini adalah pasien puasa terlebih dahulu 10 – 12 jam sebelum pengambilan sampel darah, pasien diperbolehkan minum air putih.

- Glukosa 2 Jam PP

Pemeriksaan ini biasanya didahului dengan pemeriksaan Glukosa Puasa, setelah pasien diambil darahnya saat puasa, pasien diminta untuk makan seperti biasanya lalu dilanjutkan puasa lagi selama 2 jam, baru darah untuk pemeriksaan Glukosa 2jpp dapat diambil.

- Glukosa sewaktu

Pemeriksaan ini dapat dilakukan sewaktu – waktu tanpa puasa terlebih dahulu.

- HbA1C

e. Elektrolit dan gas darah

Pemeriksaan untuk mengetahui kandungan mineral dalam darah, diantaranya :

- Natrium

- Kalium

- Clorida

f. Analisa gas darah

Pemeriksaan untuk mengetahui keasaman (pH) tubuh

g. Jantung

Pemeriksaan yang dipilih berdasar keluhan klinis dan arah diagnosis, yaitu:

- Untuk ACS (Acute Coronary Syndrome ) : CKMB, Troponin I

- Untuk gagal jantung : NT Pro BNP

C. Layanan mikrobiologi

Pemeriksaan kultur & sensitivitas obat yang diperlukan dokter dalam menentukan terapi antibiotik dan menilai hasil terapi yang telah diberikan.

D. Layanan serologi

Janji hasil untuk pemeriksaan serologi di Laboratorium “JIH” ini hanya sekitar 1 jam dari pengambilan sampel, sehingga dokter dapat dengan cepat menyimpulkan diagnose pasien. Layanan unggulan serologi di Laboratorium “JIH”, diantaranya

- NS1 Ag

Pemeriksaan ini dapat untuk mendeteksi infeksi virus dengue dengan lebih awal dari pemeriksaan antibodi dengue, dan bahkan dapat terdeteksi pada hari pertama mulai demam. Janji hasil pemeriksaan ini hanya sekitar 1 jam dari pengambilan sampel, pasien sudah bisa mendapatkan hasilnya.

- Salmonella Ig M

Salmonella Ig M merupakan antibodi fase akut yang muncul akibat adanya infeksi Salmonella typhi, disebut sebagai antibodi fase akut karena muncul pada saat infeksi baru terjadi atau sedang terjadi. Salmonella Ig M ini sudah dapat terdeteksi dalam waktu 2 hari sejak infeksi. Layanan serologi lainnya, antara lain :

- Dengue G/M

- VDRL

- ASTO

- RF

- CRP

- Dll

E. LAYANAN IMUNOLOGI

- HbsAg Screening

- HbsAg titer

- Anti Hbs

- Anti HCV

- Anti HIV

- CEA

- Ca 12-5

- T3

- T4

- TsHs

- FT4

- Toxoplasma Ig G

- Toxoplasma Ig M

- Toxoplasma Ig G Avidity

- CMV Ig G

- CMV Ig M

- Rubella Ig G

- Rubella Ig M

- Ig e Total

- PSA

- Ig E Atopy

- dll

Layanan Unggulan Imunologi laboratorium “JIH” adalah Ig E Atopy, pemeriksaan ini digunakan untuk mengetahui adanya alergi dalam darah seseorang. Didalam pemeriksaan IgE Atopy ada sekitar 54 macam alergen yang bisa diketahui apakah seseorang mengidap alergi terhadap salah satunya

F. LAYANAN URINALISA

Pemeriksaan urine yang mampu menggambarkan fungsi ginjal dan saluran sistem uropoetika secara umum. Didukung dengan alat yang canggih dan modern memberikan hasil yang cepat dan akurat. Janji hasil untuk pemeriksaan urin rutin hanya 15 menit dari sampel diterima di laboratorium, dan untuk pemeriksaan urin lengkap hanya sekitar 30 menit dari sampel diterima di laboratorium. Urinalisis meliputi pemeriksaan :

- Urine rutin

- Urine Lengkap

- Tes Kehamilan PP Test

- Tes Kehamilan HCG

G. PEMERIKSAAN NARKOBA

Untuk calon mahasiswa, pelajar atau calon karyawan perusahaan dapat melakukan pemeriksaan narkoba di Laboratorium Rumah Sakit “JIH” dengan cepat, hanya sekitar 1 jam hasil dapat diterima, pemeriksaan narkoba yang dapat dilakukan di laboratorium Rumah sakit “JIH” cukup banyak, diantaranya;

- Amphetamin

- Methamphetamin

- Coccain

- Barbiturate

- Opiet

- Morphine

- Benzodiazepin

- Canabis / Marijuana

- MDMA

- Alkohol

2. PATOLOGI ANATOMI

A. Pemeriksaan Sitologi Pap smear

Pemeriksaan sitologi Pap smear merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat perubahan yang terjadi pada sel-sel epitel leher rahim. Pemeriksaan tersebut sangat berguna untuk mendeteksi kelainan pada leher rahim sejak dini, sehingga terjadinya kanker dapat dicegah. Dengan deteksi dini tersebut, penyakit yang terjadi dapat ditangani dengan lebih baik dan tuntas karena masih berada pada tahap awal penyakit. Pap smear sebaiknya dilakukan secara rutin untuk wanita yang telah menikah atau yang telah aktif secara seksual. Sampel Pap smear di JIH diambil oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan (Sp.OG) atau bidan, dan diperiksa oleh dokter spesialis patologi anatomi (Sp.PA) yang sangat berpengalaman. Hasil pemeriksaan Pap smear dapat diperoleh dalam waktu 1 sampai 2 hari.

B. Pemeriksaan Sitologi Non Ginekologi

Pemeriksaan sitologi non ginekologi merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat perubahan yang terjadi pada sel-sel dalam cairan rongga dada, rongga perut, rongga jantung, cairan otak, dahak, urin, atau cairan yang lain, yang muncul akibat suatu penyakit. Tujuan pemeriksaan tersebut adalah untuk menegakkan diagnosis. Sampel cairan diperoleh dokter dari tindakan biopsi aspirasi, pungsi, insisi, menampung cairan, swab, dan lain sebagainya. Sampel cairan yang diperoleh kemudian dicat dan diamati di bawah mikroskop oleh dokter spesialis patologi anatomi (Sp.PA) yang sudah sangat berpengalaman, untuk ditentukan jenis penyakitnya. Hasil pemeriksaan dapat diperoleh dalam waktu 1 sampai 2 hari.

C. Pemeriksaan Sitologi Aspirasi Jarum Halus

Aspirasi jarum halus (AJH) atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah fine needle aspiration biopsy (FNAB) merupakan tindakan pengambilan sampel sel dari benjolan atas massa pada tubuh yang diduga tumor atau penyakit selain tumor. Tujuannya adalah untuk menegakkan diagnosis suatu penyakit. Apakah penyakit yang diderita oleh pasien adalah tumor atau bukan. Apabila merupakan tumor, termasuk tumor jinak atau tumor ganas, serta apa jenisnya. Dengan pemeriksaan AJH, dokter dapat mengetahui penyakit pasien lebih pasti, sehingga dapat menentukan terapi atau tindakan selanjutnya dengan tepat. Akurasi AJH sangat tinggi sebagai alat penegakan diagnosis. Selain itu, AJH dilakukan dengan jarum berukuran kecil, tidak begitu invasif, sehingga pasien merasa lebih nyaman, tanpa rasa sakit yang berat. Biayanya juga relatif lebih murah dibandingkan tindakan biopsi lainnya dan hasil pemeriksaan dapat diperoleh pasien dengan cepat (kurang dari 2 jam). AJH di RS JIH dilakukan oleh dua orang dokter spesialis patologi anatom (Sp.PA) yang sudah sangat berpengalaman, pada hari Senin sampai Jumat, atau dengan perjanjian pada hari Sabtu dan Minggu. AJH dapat dilakukan di Laboratorium Klinik atau pada keadaan khusus dilakukan di Unit Radiologi RS JIH. AJH dilakukan di Unit Radiologi apabila benjolan yang dicurigai tidak jelas teraba dari luar atau sampel sulit diambil, sehingga perlu dipandu dengan ultrasonografi (USG) atau CT Scan.

D. Pemeriksaan Sitologi dengan Rapid Onsite Evaluation (ROSE)

Pemeriksaan sitologi dengan Rapid Onsite Evaluation (ROSE) merupakan tindakan pemeriksaan sel-sel jaringan tubuh yang dilakukan saat pasien masih berada di ruang tindakan atau kamar operasi. Tujuan utama tindakan ROSE adalah untuk memastikan dalam waktu singkat bahwa sampel yang diambil sudah memadai, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan sitologi untuk menegakkan diagnosis penyakit. Dengan ROSE pasien dapat terhindar dari pengulangan pengambilan sampel di lain waktu dan mempercepat proses penegakkan diagnosis. ROSE dilakukan pada penyakit-penyakit atau keadaan-keadaan tertentu yang menyebabkan pengambilan sampel relatif sulit dilakukan. Tindakan tersebut dilakukan oleh dokter spesialis patologi anatomi (Sp.PA) yang sudah sangat berpengalaman, bersama dengan dokter spesialis yang lain, misalnya dokter spesialis paru (Sp.P) di ruang tindakan atau kamar operasi. Hasil pemeriksaan sitologi dengan ROSE dapat diperoleh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Detail biaya hubungi 0274-446 3535 Ext. 8020